SOLOPOS.COM - Ilustrasi - Komik "Actionc Comics" edisi pertama. (Antara/Heritage Auctions)

Solopos.com, JAKARTA – Penerbit buku komik Amerika DC Comics menarik varian sampul karya Francesco Mattina dari daftar rilis bulan September. Penarikan ini berkaitan dengan adanya tuduhan penggemar karya itu dihasilkan dari teknologi Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif.

Berdasarkan laporan Gizmodo, penggemar mengemukakan pandangan mereka tentang penggunaan AI generatif dalam sampul karya Mattina yang ditarik, seperti Action Comics #1069 dan tuduhan itu secara cepat menyebar secara daring. Sampul baru dari artis berbeda akan diumumkan kemudian.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Mattina maupun DC belum secara resmi mengomentari masalah itu. Namun setidaknya bagi DC, mereka sudah pernah melalui masalah serupa Maret lalu, saat seniman Daxiong menerima kritik dengan AI dalam sampul buatannya.

Saat itu, Juru bicara DC menekankan bahwa perusahaan tersebut memiliki “kebijakan lama yang menyatakan bahwa semua karya seni harus merupakan karya asli sang seniman”.

Sampul Daxiong kemudian diganti dengan sampul seniman lain tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut.

Penggunaan AI generatif terus menjadi topik perdebatan yang masih hangat di industri ini. Pada sejumlah kasus, seperti Marvel Studios dengan Secret Invasion atau seni generatif dalam Late Night for the Devil, respons publik terhadap itu cukup negatif.

Kendati ada pandangan AI memiliki potensi untuk merevolusi cara manusia menciptakan dan mengonsumsi seni, namun itu juga menimbulkan pertanyaan penting di benak penggemar dan sesama seniman tentang orisinalitas, kepemilikan, dan peran kreativitas manusia.

Seiring perkembangan teknologi, penting bagi seniman, perusahaan, dan konsumen untuk menemukan cara menggunakan AI secara bertanggung jawab dan etis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya