SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacker atau peretas. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Kabar tentang peretasan Pusat Data Nasional (PDN) Indonesia sudah bikin heboh di masyarakat. Seperti diketahui, PDN lumpuh berhari-hari diserang hacker. Kini jutaan data penting masyarakat Indonesia terancam disalahgunakan. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa pihak yang menyerang PDN dengan ransomware meminta tebusan sebesar USD8 juta atau sekitar 123 miliar. “Iya menurut tim (meminta) 8 juta dolar AS,” kata Budi Arie dijumpai di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6/2024).

Kemudian, Budi Arie mengungkapkan serangan tersebut merupakan ransomware jenis baru dari LockBit 3.0. Apa itu ransomware LockBit 3.0? Bukan rahasia lagi di dunia hacker bahwa ada ransomware bernama LockBit. Sementara itu, LockBit 3.0 adalah versi lanjutan dari ransomware LockBit yang dikenal dengan teknik enkripsi yang sangat canggih.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

LockBit 3.0 memang sengaja dirancang oleh hacker agar menyusup ke sistem komputer dan mengenskripsi bebagai file berharga.

Nantinya, file-file ini tak akan lagi bisa digunakan. Hacker akan meminta uang tebusan kepada korban jika ingin data mereka normal kembali.

Cara kerja LockBit 3.0

Setelah menginfeksi sistem, LockBit 3.0 mencari file berdasarkan ekstensi file tertentu (seperti dokumen, gambar, video, database, dll.). Ransomware tersebut kemudian akan mengenkripsinya menggunakan algoritma enkripsi yang kuat, nantinya file terenkripsi menjadi tidak dapat diakses oleh korban karena hacker akan menyandra passowordnya.

Apa yang membedakan LockBit 3.0 dari versi sebelumnya adalah peningkatan kemampuan siluman dan kemampuannya untuk menyebar dengan cepat dalam jaringan.

Ia menggunakan berbagai teknik untuk menghindari deteksi oleh perangkat lunak keamanan dan mengeksploitasi kerentanan dalam pertahanan sistem target.

LockBit 3.0 dapat dikirimkan melalui beberapa vektor serangan, termasuk lampiran email berbahaya, situs web yang disusupi, atau kit eksploitasi.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Apa Itu Ransomware LockBit 3.0 yang Serang Pusat Data Nasional?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya