SOLOPOS.COM - Jadwal hujan meteor 2024. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Meteor yang terlihat di langit wilayah Depok, Jawa Barat, Minggu (23/6/2024) jadi viral. Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengatakan bahwa akan ada setidaknya 8 hujan meteor lagi di Indonesia.

Kabar meteor jatuh di Depok tersebut viral di X (Twitter). Beberapa pengguna X yang mengaku melihat jatuhnya meteor di Depok memberikan deskripsi tentang bagaimana benda tersebut jatuh.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Menurut mereka, mulanya benda terlihat berwarna hijau dan ada merahnya. Kemudian, benda asing itu berubah menjadi kecil-kecil seperti kembang api sebelum akhirnya padam.

Menanggapi kabar tersebut, Peneliti Senior BRIN Thomas Jamaluddin mengatakan cahaya yang disaksikan warga tersebut tampaknya merupakan meteor sporadis yang melintas.

BRIN sendiri telah mengatakan bahwa di Indonesia akan banyak fenomena langit yang bermunculan pada tahun 2024 ini.

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana menyampaikan dengan rinci fenomena astronomi yang terjadi selama tahun 2024.

Ia menyebutkan, pada tanggal 3 Januari 2024 lalu misalnya, telah terjadi fenomena di mana Bumi mencapai perihelion, yaitu titik terdekat Bumi dengan Matahari. “Kemudian Bulan Baru terjadi pada 11 Januari dan pada 12 Januari fenomena Merkurius pada elongasi barat maksimum di mana elongasi planet adalah sudut antara Matahari dan Planet dengan Bumi sebagai titik acuan. Ini merupakan waktu terbaik untuk melihat planet Merkurius,” ujar Farahhati, seperti dikutip Bisnis dari situs BRIN.

Farah menambahkan bahwa terdapat beberapa tanggal terjadinya peristiwa Elongasi Barat Maksimum Merkurius, di antaranya pada 9 Mei, 5 September dan 25 Desember. Sedangkan Elongasi Timur Maksimum Merkurius terjadi pada tanggal 24 Maret, 22 Juli dan 16 November.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di bulan Februari hanya ada fenomena Bulan Baru pada 9 Februari dan Bulan Purnama pada 12 Februari. Selanjutnya di bulan Maret ada Bulan Baru pada 10 Maret dan Bulan Purnama pada 25 Maret.

Sementara itu soal hujan meteor, BRIN menjelaskan bahwa akan ada 11 fenomena pada tahun 2024 ini di mana 3 di antaranya sudah terjadi.

Itu artinya, masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan 8 hujan meteor lainnya pada bulan Juli hingga Desember 2024.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Geger Meteor Jatuh di Depok, Ini Jadwal Hujan Meteor di Indonesia menurut BRIN”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya